Pentingnya "Value", Baik Karyawan ataupun Pengusaha.
Oleh: Virma Vitrika Permata di Jember
Oleh: Virma Vitrika Permata di Jember
Simak Ceritanya !
Dua Cewek Dapat "Kerjaan Sama" Dari Bos, Siapa
Sangka yang Satu Naik Pangkat, Satu Lagi Malah Dapet "Email Kayak
Gini"!!
Yuni adaah seorang muda yang cantik, dia sudah bekerja di
perusahaan ini selama 3 tahun, tapi orang-orang baru yang belum bekerja lama
saja sudah naik pangkat, sedangkan dia sama sekali tidak, tentunya dia merasa
sangat kecewa.
Sampai suatu hari, dia akhirnya memberanikan diri bertanya
pada bosnya, "Pak, apa saya pernah terlambat, pulang duluan atau
mengacaukan kantor?" Bosnya langsung menjawab, "Tidak pernah."
"Kalau gitu, apa perusahaan ini pilih kasih?"
Lanjut Yuni. Bosnya berhenti sebentar, kemudian menjawab, "Tentu
tidak."
"Kalau gitu, kenapa pegawai yang baru masuk kok bisa
dipromosikan, sedangkan saya tetap di posisi yang sama?"
Bosnya diam sejenak, kemudian tersenyum sambil berkata,
"Masalah kamu ini nanti kita bicarakan, aku ada hal yang lebih penting
sekarang, atau kamu mau bantu?"
"Ada klien yang mau datang ke sini, coba kamu tanya dia
kapan datangnya." Lanjut bosnya.
"Ini benar-benar pekerjaan penting ya.." Sebelum
keluar, Yuni menambahkan
Satu jam kemudian, ia kembali ke ruangan bosnya.
"Udah dikontak?" tanya bos
"Udah, katanya mungkin minggu depan akan datang."
Jawab Yuni
"Pastinya hari apa?" Tanya bosnya lagi
"Ini saya gak tanya jelas.."
"Mereka berapa orang yang datang?"
"Ah! Bapak gak minta saya tanya tadi.."
"Kalau gitu mereka datang naik apa? Kereta atau pesawat?"
"Ini juga bapak gak minta saya tanya.."
Bosnya tidak lagi berkata apa-apa, kemudian dia mengangkat
telepon dan memanggil Jesy, yang baru masuk ke kantor selama 1 tahun, tapi dia
sudah menjabat sebagai supervisor.
Jesy mendapatkan tugas yang sama persis. Hanya perlu
beberapa menit saja, dia sudah kembali ke ruangan bosnya.
"Jadi begini pak" Jelas Jesy.. "Mereka akan
datang hari jumat depan, naik pesawat jam 3 sore, kemungkinan jam 6 akan tiba,
total 5 orang, akan dipimpin oleh manajer pemasaran, saya sudah menjelaskan
pada mereka, kami akan meminta orang untuk menjemput mereka."
"Selain itu, mereka berencana untuk datang selama 2
hari, mengenai shecdule mereka, nanti akan dibicarakan lagi bersama bapak.
Untuk memudahkan, saya menyarankan untuk memesankan hotel di dekat kantor ini
pak, kalau bapak setuju, saya akan memesan kamarnya."
"Oh ya, minggu depan mungkin akan hujan, saya akan
mengontak kembali klien tersebut, kalau sampai ada perubahan cuaca, saya akan
langsung mengabari mereka."
Yuni berdiri di samping dan mukanya memerah, dia tidak bisa
berkata apa-apa lagi.
Malam itu, Yuni mendapatkan sebuah email dari bosnya yang
berisi demikian..
Yun, tidak peduli kamu bekerja di mana pun, kamu harus ingat
hal ini!
Pertama, perusahaan tidak akan butuh orang santai, tim kerja
tidak mau pemalas.
Kedua, waktu kamu bekerja, kamu jangan hanya memikirkan
uang, kamu harus belajar agar dirimu itu memang senilai dengan uangnya.
Ketiga, tidak ada perusahaan yang membuatmu mudah
mendapatkan uang.
Keempat, tidak ada pekerjaan yang selalu lancar, kamu harus
bisa bersabar.
Kelima, kalau kamu tidak menghasilkan uang, hasilkanlah
pengetahuan; kalau tidak menghasilkan pengetahuan, hasilkanlah pengalaman;
kalau tidak menghasilkan pengalaman, hasilkanlah pengertian. Kalau kamu sudah menghasilkan
semua itu, tidak mungkin kamu tidak menghasilkan uang.
Keenam, asalkan mengubah dahulu perilaku diri sendiri, baru
bisa mengubah nasibmu. Asal kamu mengubah dahulu cara kamu bekerja, kamu baru
bisa mendapatkan posisi yang tinggi.
Ketujuh, seringkali orang terburu-buru hanya karena usia
yang menurut mereka seharusnya sudah bisa mendapatkan lebih, memikirkan banyak
hal, tapi melakukan hanya sedikit.
Saat itulah Yuni tersadar, tidak ada orang yang begitu lahir
langsung bisa melakukan banyak hal besar, mulai dari hal mudah dan biasa. Apa
yang kamu bangun dari dirimu sendiri, itu yang bisa memutuskan masa depanmu.
Pegawai yang baik bukanlah mereka yang dengan manis menunggu
pekerjaan datang, tapi mereka yang secara aktif mengerti apa yang harus mereka
lakukan dan dengan bertanggung jawab menyelesaikannya.
IF YOU WANT TO SUCCEED YOU CAN NOT BE AN ORDINARY MAN, BUT
MUST BE AN EXTRAORDINARY MAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar